Sudahkah Kasir Anda Tes - Tes Kasir Anda Sekarang - Hasilkan Kasir Berkualitas - Training Kasir Sampai Mahir ~ Hotline WA : 085263794009

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 18 Oktober 2014

Cara Instal MariaDB untuk Server Database



Sebelum anda melakukan instalasi perhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Untuk komputer yang akan digunakan sebagai Server database, anda harus menginstall MariaDB versi 5.1 keatas (kami sarankan versi 5.2) atau MySQL Server versi 5.1. 
  2. Untuk komputer yang hanya digunakan sebagai Client , tidak perlu dipasang database server.

1.       Dobel klik file MariaDB, akan muncul form instalasi MariaDB.

2.      Klik Next untuk melanjutkan.

3.      Pilih pada checkbox "I accept the terms in the License Agreement"

4.      Setelah itu klik tombol Next

5.      Pilih lokasi letak database dengan klik tombol browse (akan lebih mudah jika sudah dibuat nama folder database sebelumnya). Letak data sebaiknya bukan pada drive yang digunakan operating system agar tidak rentan terformat saat install ulang OS.

6.      Klik tombol Next, maka akan muncul form untuk mengisikan password untuk user root (default nama user administrator). Ulangi mengetikkan password yang sama pada kolom Confirm (Retype the password). Password ini yang nantinya akan digunakan setiap akan membuat database baru di Program.

7.      Pilih checkbox "Enable root access from remote machines" jika Anda menggunakan lebih dari satu komputer atau Anda ingin mengakses database tersebut dari komputer lain.

a.      Instal as service – service name : ketik nama service atau gunakan nama default yang diberikan (mysql)

b.      Enable networking – TCP port : isi dengan port yang tidak digunakan atau gunakan defaultnya yaitu 3306. Jika port ini telah digunakan oleh aplikasi lain dapat diganti dengan port: 3307/3308/3309. Port ini yang akan digunakan pada form login Program.

c.       Optimize for transaction – Buffer pool size : isi dengan ukuran memory, minimal setengah dari RAM anda, jika ingin memaksimalkan ketik saja nominal yang besar, maka setelah klik tombol Next, MariaDB akan menyarankan maksimal buffer pool size di komputer anda.

d.      Setelah itu tekan tombol Next dan proses instalasi akan berjalan (tunggu sesaat untuk melanjutkan).

8.      Instalasi selesai, tekan tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi MariaDB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman